Pengertian Produk, Marketing Pull, dan Technology Push


Produk adalah segala sesuatu yang dihasilkan yang dapat berupa barang atau jasa. Dalam menghasilkan sebuah produk dibutuhkan proses desain.

Ada 3 hal yang harus diperhatikan dalam proses desain :

1. Seleksi
Seleksi adalah suatu proses yang dilakukan untuk memunculkan jenis barang atau jasa yang akan dijadpikan andalan produksi. Proses seleksi ini bermula dari pengembangan ide atau gagasan.
Darimanakah ide / gagasan itu diperoleh??? Begini kata teman2 saya :
Karena,

  • Karena kepepet
  • Riset
  • Pengamatan terhadap supplier
  • Keadaan sekitar
  • Kebutuhan
  • Peluang
  • Laboratorium Research and Development
2. Desain Produk
3. Desain Proses



Munculnya ide menjadi produk rill setidaknya ada 2 dorongan, yaitu :
1. Marketing Pull
Adalah pengambilan keputusan untuk melakukan proses produksi yang didasari pada kebutuhan pasar.
Contohnya :
jika ingin berjualan di lingkungan kampus, barang yang memiliki harga yang murah / sesuai dengan saku anak kampus, pasti akan laris pengunjung, begitu pula sebaliknya.

2. Technology Push
Adalah menggunakan kemajuan teknologi dan riset untuk memperoleh suatu produk yang akan menjadi kebutuhan pasar
Contoh :
Dewasa ini dalam membaca sebuah email, seseorang tidak harus login ke halaman web email miliknya untuk masuk ke dalam inbox dan membaca sebuah email disana. Namun dengan adanya teknologi yang diterapkan dalam smartphone, PDA, dan perangkat lunak komputer, email tersebut langsung dapat ditampilkan dengan tidak harus repot – repot login pada halaman webmail.

Pengaruh Market Pull dan Technology Push pada produk yang telah mulai jenuh :
Dalam pengaruhnya pada produk yang telah mulai jenuh, market pull sangat berpengaruh untuk tetap mempertahankan konsumen agar tidak jenuh terutama dengan cara mengembangkan inovasi dan kreatifitas pada produk yang dihasilkan sesuai dengan tren atau kebutuhan pasar.
Contohnya:
sekarang jilbab memiliki banyak trend dan desain yang menarik, tidak seperti era zaman dahulu yang hampir seluruh jilbab memiliki bentuk dan desain yang relative hampir sama dan cenderung tidak modis. Oleh karenanya, perusahaan jilbab melakukan market pull yang dilakukan agar konsumen tertarik untuk mengenakan jilbab dan tidak jenuh dimata konsumen. 

Sedangkan pengaruh technology push pada produk yang mulai jenuh ialah dikembangkannya produk dengan teknologi – teknologi baru yang memberikan kemudahan yang lebih bagi konsumen. Pengaruh technology push ini berkaitan dengan pengembangan teknlogi baru yang menjadi kebutuhan baru bagi konsumen.
Contohnya : 
Dikembangkannya handphone sebagai technology push dari fungsionalitas telepon rumah, PC, Email, dan masih banyak lagi

Kriteria yang harus dipertimbangkan apabila barang / jasa tersebut akan diproduksi :
1.    Apakah barang/jasa tersebut diperlukan?
2.    Apakah barang/jasa tersebut menguntungkan secara ekonomis?
3.    Apakah produsen barang atau jasa terebut memiliki kapasitas ynag cukuap untuk melakukan aktivitas produksi tersebut?
4.    Apakah produk barang/jasa mampu meningkatkan image perusahaan?
5.    Bagaimana pesaing bereaksi terhadap barang/jasa yang dibuat?

0 comments:

Post a Comment

 
© 2009 Restoe Ibu | Powered by Blogger | Built on the Blogger Template Valid X/HTML (Just Home Page) | Design: Syahri Ramadan | PageNav: Syahri Ramadan