Membuat Halaman Penomoran Untuk Laporan atau Skripsi dengan MS Word


Terkadang kita mengalami kesulitan pada saat membuat skripsi atau laporan PI khususnya dalam hal memberikan nomor halaman pada BAB baru yang memiliki penomoran yang berbeda - beda. Biasanya dalam satu file word hanya dapat memberikan penomoran yang berbeda pada awal dan akhir saja, tidak untuk pertengahannya. Berikut ini adalah cara untuk memberikan halaman yang berbeda pada pertengahan file word, sehingga kita tidak perlu lagi untuk memilah - milah file word tersebut... cekidot..


1. Buka MS Word
2. Misalkan kita membuat membuat 2 buah halaman pada MS Word.



3. Beri halaman page tersebut dengan menggunakan page number dan beri halaman pada bagian pojok kanan atas kertas,



 lalu pada halaman pertama di set sebagai different fist page..




Pada fist page footer, isi dengan angka 1, maka hasilnya akan menjadi seperti :






4. Kita anggap halaman 1 ialah BAB I laporan kita, biasanya pada penomoran halaman pada awal BAB penomoran halaman dilakukan pada bagian tengah bawah halaman, nah untuk selanjutnya kita akan membuat satu BAB lagi dimana kita akan memberikan penomoran halaman yang sama dengan BAB I.

5. Masuk pada halaman 2, pilih menu page layout pada toolbar MS Word kamu, masuk pada menu break yang terdapat pada kolom Page Setup, lalu pilih Next Page.



Next page ini berguna untuk membuat halaman baru dalam MS Word namun dengan settingan awal seperti kita membuat file baru dalam MS Word. Jadi secara otomatis dengan menggunakan menu Next Page ini kita dapat memiliki 2 buah file MS Word dalam satu kertas kerja.

6. Setelah kita Next Page maka kita memiliki 3 buah halaman word, buat satu halaman lagi sehingga kita memiliki 4 buah halaman, lalu seperti biasa kita isikan halaman pada pojok kanan atas.
Hasilnya akan menjadi :






pada footer halaman 3 masih terisi angka 1 pada penomoran halamannya, untuk mengganti angka tersebut klik 2 kali pada footer pada halaman 3, lalu hilangkan fungsi Link to previous pada kolom navigation..






lalu hapus dan ubah nomor 1 menjadi nomor 3

7. Selesai, semoga bermanfaat..

0 comments:

Post a Comment

 
© 2009 Restoe Ibu | Powered by Blogger | Built on the Blogger Template Valid X/HTML (Just Home Page) | Design: Syahri Ramadan | PageNav: Syahri Ramadan