Manajemen Pendidikan I : Pengertian Organisasi, Manajemen, dan Administrasi Pendidikan



A. Organisasi Pendidikan
Organisasi adalah sekumpulan orang - orang yang tergabung di dalam suatu kesatuan kelompok yang sistematis, terstruktur, dan memiliki visi dan tujuan tertentu. Dalam dunia pendidikan, organisasi - organisasi pendidikan yang berkembang terdapat beberapa macam, diantaranya ialah organisasi pendidikan formal, seperti Madrasah, SMA, SMP, SD, Perguruan Tinggi, OSIS, dan lain sebagainnya, dan organisasi pendidikan non formal, seperti berbagai macam bimbingan belajar.
Organisasi Pendidikan adalah sekumpulan orang - orang yang berkumpul dan melaksanakan suatu tujuan yang objective dalam bidang pendidikan dan mencerdaskan kehidupan masyarakat. Tujuan yang objective adalah tujuan yang akan tercapai apabila dilakukan dengan tindakan dan perencanaan yang matang.

B. Manajemen Pendidikan
Manajemen adalah suatu proses dan tindakan yang dilakukan untuk mencapai dan mengelola visi dan misi organisasi dengan menggunakan elemen - elemen dasar yang dihasilkan dari manusia, kekuatan finansial, bahan, dan sumber - sumber informasi yang diperoleh agar visi dan misi tersebut dapat tercapai
Manajemen pendidikan adalah aktivitas untuk menggabungkan seluruh elemen yang terdapat dalam bidang pendidikan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Fungsi dari manajemen yaitu :
1. Planning
Planning dalam kaitannya sebagai fungsi manajemen adalah sebagai suatu tindakan atau kegiatan untuk memperoleh tujuan yang akan dicapai dengan mengidentifikasikan langkah - langkah yang dapat digunakan untuk mewujudkan tujuan tersebut.

2. Staffing
Staffing adalah proses untuk menarik dan mengikat karyawan atau tenaga kerja yang potensial ke dalam organisasi atau perusahaan.

3. Organizing
Organizing adalah proses untuk mengkoordinasikan sumber daya manusia yang ada untuk dapat mengefektifkan kinerja mereka dalam mencapai tujuan organisasi. Keefektifan suatu organisasi tergantung bagaimana kemampuan manajer perusahaan atau organisasi dalam mengkoordinasikan anggota - anggotanya untuk mencapat tujuan yang telah ditetapkan.

4. Directing
Directing adalah usaha yang dilakukan kepada para bawahan atau karyawan untuk memotivasi mereka untuk menghasilkan suatu usaha atau karya yang mendukung kemajuan organisasi. Directing berhubungan dengan tata cara bagaimana menciptakan suasana lingkungan kerja yang harmonis agar seluruh elemen karyawan bekerja dengan efektif dan maksimal.

5. Controlling
Controlling adalah proses pengawasan terhadap setiap kegiatan yang dilakukan oleh organisasi. Controlling dilakukan agar mencegah kegagalan mencapai tujuan dengan menjaga performa karyawan, tenaga kerja, tenaga supervisor, manajer organisasi, dan lain sebagainnya. Controlling juga berguna untuk menciptakan suatu standart kerja yang harus dipenuhi oleh masing - masing elemen organisasi.


C. Administrasi Pendidikan
Administrasi pendidikan adalah suatu tata kerja dengan maksud untuk menorganisasikan, merencanakan, dan memimpin suatu kegiatan yang berhubungan dengan bidang pendidikan.



Keberhasilan suatu organisasi pendidikan dalam mencapai visi dan misinya sangat berkaitan erat dengan bagaimana proses administrasi dan manajemen yang dilakukan oleh organisasi pendidikan tersebut. Apaabila proses administrasi dan manajemen berjalan dengan baik maka visi dan misi organisasi pendidikan itu pun akan dapat mudah terlaksana, begitu pula sebaliknya.

Untuk menyelenggarakan proses administrasi dan manajemen agar berjalan dengan baik, lancar, dan efektif, maka diperlukan manajer pendidikan. Manajer pendidikan adalah seorang pemimpin penyelenggarakan pendidikan, sehingga dengan memiliki manajer pendidikan yang handal, maka proses penyelenggaraan pendidikan akan berjalan dengan baik dan lancar.

3 comments:

Si said...

Artikelnya keren..salam kenal kawan. Semangat menggapai cita.

Si said...

Artikelnya keren..salam kenal kawan. Semangat menggapai cita.

Dinisyarasagala said...

Kerreeennn

Post a Comment

 
© 2009 Restoe Ibu | Powered by Blogger | Built on the Blogger Template Valid X/HTML (Just Home Page) | Design: Syahri Ramadan | PageNav: Syahri Ramadan