Evaluasi Pembelajaran 2 : Taxonomi Bloom

Dalam taxonomi bloom, tujuan pendidikan meliputi ranah : Kognitif, Psikomotorik, dan Afektif.

Ranah kognitif meliputi :
- Pengetahuan
pengigatan dari materi yang dipelajari (mendiskripsipkan, mendefinisikan, dan
mengidentifikasikan).

- Pemahaman
memahami materi (menjelaskan dan menerangkan).

- Aplikasi
menggunakan materi yang telah dipelajari kedalam situasi yang baru dan nyata.
(menghitung dan mendemonstrasikan)

- Sintesa
meletakkan bagian - bagian bersama - sama untuk memberntuk keseluruhan yang baru.
(menyimpulkan, membuat abstraksi)

- Analisa
memecahkan/menguraikan/memisahkan materi kedalam bagian - bagianya supaya materi
dapat dengan mudah dipahami.

- Evaluasi
mempertimbangkan, memutuskan, dan menilai materi untuk tujuan tertentu.
(menafsirkan, menilai, mengkritik)

Contoh ;
* Pengetahuan : Sebutkan alat yang digunakan untuk membuat gambar Vektor?
* Pemahaman : Jelaskan apa yang anda ketahui tentang gambar vektor?
* Apliaksi : Buatlah contoh gambar vektor beserta video turotialnya!


Ranah Afektif
hasil belajar yang bersifat emosi, perasaan, dan derajat penerimaan / penolakan
(penerimaan, tanggapan, nilai, organisasi)
Penerimaan : kesediaan/kemauan untuk memperhatikan stimuli tertentu (mengucap salam)
rspon : partisipasi aktif (hadir, bertanya)
nilai : penghargaan (sopan, menghargai waktu, jujur, sportif)
Organisasi : pembawaan bersama konsep yang berbeda
karakteristik/
perwatakan : sistem nilai yang telah mengontol tingkah lakunya untuk waktu yang
cukup lama, dimana telah mengembangkan gaya hidup yang berwatak.


Ranah Psikomotor



Keterampilan motoris yang menginginkan koordinasi yang mengingikan koordiansi otot saraf dalam pemakaian bahan/benda (gerak reflek, gerak dasar utama, gerak motor, gerak skill, gerak komunikasi)
Persepsi : mendapatkan indra untuk mendapatkan isyarat yang menuntut aktivitas
motoris
Set : persiapan untuk mengambil tipe perbuatan khusus
Respon : tiruan terhadap pola gerak tertentu
tertuntun
Gerak ter- : perbuatan dimana respon - respon yang telah dipelajari menjadi
-tuntun kebiasaan dan gerakan - gerakan yang dapat ditampilkan dengan keyakinan
dan ketangkasan
Respon : perbuatan yang mencakup gerakan yang komplek/rumit, cepat, halus,
komplek teliti, dan memerlukan tenaga yang minimum.

0 comments:

Post a Comment

 
© 2009 Restoe Ibu | Powered by Blogger | Built on the Blogger Template Valid X/HTML (Just Home Page) | Design: Syahri Ramadan | PageNav: Syahri Ramadan